Sabtu, 22 September 2012

laporan PMB



Rektor Hadiahkan Buku Untuk Mahasiswa Baru
Oleh: Nikodemus Niko dan Dody Aprilio

Ada yang berbeda di PMB kali ini, setiap mahasiswa baru akan di hadiahkan sebuah buku yanga berjudul “Kiat Sukses Belajar di Perguruan Tinggi”, karangan prof. Dr. H. Uray Asmara, M.Pd.
Penyambutan Mahasiswa Baru (PMB) dibuka resmi oleh rektor Universitas Tanjungpura Prof. Dr. Thamrin Usman, DEA. Sekaligus pembukaan tahun akademik 2012/2013 (3/9).
            Sejak pukul 07.30 sebanyak 5.634 orang mahasiswa baru Universitas Tanjungpura mulai memadati lapangan gedung rektorat untan untuk mengikuti upacara pembukaan PMB 2012. Namun, upacara belum bisa dilaksanakan karena masih ada satu fakultas yang belum hadir, yaitu fakultas teknik. Setelah dipanggil beberapa kali, rombongan fakultas yang bersimbolkan warna biru langit ini memasuki tempat yang sudah disediakan oleh panitia.
            Upacara dimulai seiring dengan pemimpin upacara memasuki lapangan upacara kemudian menyiapkan seluruh barisan. Thamrin Usman, selaku pembina upacara memasuki lapangan disambut dengan penghormatan dari seluruh mahasiswa.
            PMB yang akan dilaksanakan mulai dari tanggal 3-5 september itu bukanlah berbentuk peloncoan. Melainkan pengenalan terhadap lingkungan kampus dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM ) yang ada di lingkungan Universitas Tanjungpura, baik UKM di tingkat universitas maupun di tingkat fakultas.
            “Hari ini kalian kami sambut secara resmi sebagai mahasiswa universitas tanjungpura. Perubahan status ini tentunya diiringi dengan perubahan positif. Menjadi manusia unggul tidak hanya berintelektual, tetapi juga berkarakter mulia”, ujar Thamrin Usman, dalam sambutannya.
            Akan di bentuk tiga UKM baru di lingkungan Universitas Tanjungpura, yaitu terjun payung, marching band dan menyelam. “Bangsa ini kekurangan manusia unggul. Bangsa ini kehilangan jati diri dan karakter mulia. Di luar pendidikan formal, kami sudah menyediakan kegiatan ekstrakurikuler untuk mahasiswa, dan akan di tambah UKM baru, yaitu terjun payung, marching band dan menyelam”, ungkap Thamrin lagi.
            Pemasangan jaket almamater kepada perwakilan mahasiswa baru oleh rektor untan secara simbolis serta disusul pelepasan balon oleh rektor dan dekan masing-masing fakultas menandakan PMB 2012 resmi dibuka. Kemudian diikuti penyerahan buku “Kiat Sukses Belajar di Perguruan Tinggi” kepada masing-masing dekan setiap fakultas.
Setelah upacara berakhir para mahasiswa baru kemudian dibimbing oleh seniornya menuju fakultas masing-masing untuk mengikuti acara pembukaan PMB di fakultas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar