Senin, 24 Februari 2020

Mudah Banget, Membuat E-Paspor di Imigrasi Kelas I Bandung


E-Paspor sudah lama ini bisa di buat di beberapa kantor Imigrasi di Indonesia. Awalnya E-Paspor hanya bisa di buat di beberapa Kanim di DKI Jakarta, Surabaya dan Banten. Sekarang di Kanim Bandung juga sudah bisa lho.

Jika kamu berencana untuk membuat E-Paspor, persyaratan yang harus dipenuhi adalah:
1. Memiliki e-KTP atau Surat Keterangan dari Kecamatan / DISDUKCAPIL yang menerangkan bukti telah melakukan perekaman e-KTP atau surat keterangan pindah keluar negeri;
2. Kartu keluarga; akta kelahiran, atau akta perkawinan atau buku nikah, atau ijazah, atau surat baptis;
3. Surat pewarganegaraan Indonesia bagi Orang asing yang memperoleh kewarganegaraan Indonesia melalui pewarganegaraan atau penyampaian pernyataan untuk memilih kewarganegaraan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
4. Surat penetapan ganti nama dari pejabat yang berwenang bagi yang telah mengganti nama; dan
5. Paspor biasa lama bagi yang telah memiliki paspor biasa.

Persyaratan di atas wajib ya kamu miliki. Setelah semua persyaratan sudah dimiliki. Maka tahap berikutnya adalah kamu mendaftar akun di imigrasi untuk mendapatkan nomor antrian link nya bisa daftar disini: https://bandung.imigrasi.go.id/antrian-paspor-online/ atau kamu bisa langsung unduh aplikasi paspor online di play store bagi pengguna android.
Mendaftarnya sangat mudah, hanya menggunakan e-mail dan NIK (Nomor Induk Kependudukan) di E-KTP.
Langkah berikutnya adalah mantengin jadwal antrian. Semua Kanim di Indonesia membuka pengambilan antrian di hari Jumat mulai jam 2 siang, sampai dengan hari minggu sampai jam 4 sore. Pengalamanku sendiri, mendapatkan nomor antrian ini sangat sulit. Sebab tidak lama setelah antrian di buka langsung ludes. Biasanya Kanim Bandung akan mengumumkan di Instagram apabila pengambilan nomor antrian online sudah di buka.


Kabar baiknya adalah di Kanim Bandung, kamu bisa ambil nomor antrian walk in di CS yang dimulai jam 2 siang hari Jumat (hanya antri untuk pengambilan nomor antrian di minggu berikutnya). Jadi, jangan frustasi jika tidak mendapatkan nomor antrian melalui web atau aplikasi. Kamu bisa datang lebih awal untuk mendapatkan nomor antrian di hari Jumat, pelayanannya dibuka jam 2 siang.





1 komentar:

  1. hai kak, aku dulu salah satu penikmat tulisan kakak di Hipwee. udah lama kayaknya ya kak, kakak enggak menulis lagi disana?

    BalasHapus