Senin, 08 September 2014

Taman Kampus atau Tempat ‘Nongkrong’


Oleh: Nikodemus Niko
Mahasiswa Sosiologi Untan

Kampus merupakan tempat bagi mahasiswa dan mahasiswi untuk menimba ilmu. Baik itu mahasiswa S1, S2 maupun S3. Saya bersyukur menjadi bagian dari salah satu kampus di Universitas Tanjungpura Pontianak, yaitu Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Menimba ilmu di Fakultas tercinta ini tentu impian bagi banyak orang, termasuk saya.

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura memiliki tiga kampus yaitu kampus S1, kampus untuk program Ilmu Pemerintahan dan kampus Magister Ilmu Sosial. Dimana setiap kampus tentu memiliki pengelola masing-masing. Sebagai mahasiswa di kampus FISIP, saya sering mengunjungi perpustakaan di Magister Ilmu Sosial. Entah itu mengerjakan tugas ataupun hanya sekedar membaca-baca untuk mengisi waktu luang.
Sungguh menarik perhatian saya, taman kampus di depan Magister Ilmu Sosial yang letaknya di Jalan Daya Nasional itu menjadi tempat ‘nongkrong’ orang umum yang bukan mahasiswa Untan. Sering saya menjumpai fenomena-fenomena yang menurut saya sedikit timpang. Misalnya, banyak mobil-mobil barang yang singgah dan kemudian sopirnya nongkrong di taman kampus. Bahkan mobilnya masuk dan parkir di area kampus.
Dan yang lebih parahnya lagi taman kampus ini dijadikan tempat yang asyik untuk berpacaran bagi pasangan muda-mudi. Saya sering menjumpai pasangan yang sedang berpacaran mesra di bawah rindangnya pepohonan. Padahal ini sudah bulan puasa, lho. Sungguh hal ini tidak enak dipandang mata. Hal tersebut tidak hanya saya jumpai sekali atau dua kali saja selama saya duduk di bangku kuliah, namun sering dan berulang kali.
Lalu yang mungkin menjadi pertanyaan kita bersama adalah apakah taman kampus Magister Ilmu Sosial itu juga merupakan tempat ‘nongkrong’ yang siapa saja bebas untuk keluar masuk di area kampus? Kepada pihak yang berwenang agar menindaklanjuti hal ini. Supaya area kampus bukan dijadikan tempat yang tidak sewajarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar