Senin, 08 September 2014

Mengenal Bahasa Dunia



 
Nikodemus Niko
Mahasiswa Sosiologi
Universitas Tanjungpura

Indonesia dikenal sebagai negeri beribu pulau, dari Sabang sampai Marauke. Negara ini dikenal sebagai masyarakat yang multikultural. Beragam kebudayaan di Indonesia menciptakan keindahan bagi dunia. Selain multi budaya, Indonesia juga multi bahasa. Keberagaman penggunaan bahasa saat ini adalah isu penting dunia. Di dunia ini lebih banyak masyarakat yang multilingual daripada monolingual. karena dengan adanya multilingual akan menentukan kelangsungan hidup dalam masyarakat yang multikultural seperti di Indonesia. Dan dengan sumber daya yang multi bahasa maka peran lebih mudah untuk diambil dalam berbagai bidang kehidupan.

Bahasa yang digunakan di Indonesia secara umum adalah bahasa indonesia, tetapi setiap masyarakat memiliki bahasa daerah atau bahasa ibu yang berbeda-beda. Bahasa Indonesia di dapatkan melalui pendidikan formal, sedangkan bahasa daerah atau bahasa ibu di dapatkan sejak lahir. Anak-anak Indonesia yang sudah menempuh pendidikan sudah bisa disebut sebagai multilingual karena mereka sudah menggunakan beberapa bahasa secara sebagian atau keseluruhan.
Bahasa daerah yang ada di Indonesia sangat banyak, bahkan ratusan atau ribuan jumlahnya. Kemampuan menguasai beberapa bahasa merupakan sesuatu yang positif, dengan menguasai lebih dari beberapa bahasa seseorang akan lebih mudah berinteraksi dengan orang lain. Kepandaian berbahasa secara multilingual amat tergantung pada adanya kesempatan untuk menggunakan berbagai bahasa  dalam kehidupan. Semakin banyak kesempatan maka kepandaian dalam  berbagai bahasa  akan terbentuk  dengan baik.
Selain di Indonesia, masih banyak negara yang menggunakan lebih dari satu bahasa. Pada negara-negara yang terdaftar dalam organisasi PBB, mungkin masih banyak masyarakat luas yang belum mengenal bahasa resmi PBB. Misalnya di Indonesia, tidak banyak masyarakat Indonesia yang mengetahui bahwa ada enam bahasa resmi dalam PBB yaitu bahasa Inggris, Perancis, Rusia, dan Spanyol, Arab dan China. Selama ini masyarakat Indonesia terutama masyarakat awam hanya mengetahui bahwa bahasa yang digunakan dalam PBB adalah bahasa inggris saja sebagai working language.
Negara yang multilingual lebih merespon perkembangan informasi dan dapat menentukan sikap yang lebih komprehensif terhadap kemajuan bangsa mereka. Kenyataan ini dapat dihubungkan dengan teori sosiolinguistik bahwa multibahasa telah membawa pencerahan dalam berbagai bidang seperti perdagangan, pendidikan, keagamaan, politik dan dalam ilmu serta teknologi. Betapa penting dan besarnya dampak positif multilingual ini.
Di Indonesia masyarakat dituntut mampu untuk mengunakan lebih dari satu atau dua bahasa. Namun, sangat disayangkan karena sosialisasi mengenai official language dalam PBB minim di ketahui masyarakat. Penguasaan berbagai bahasa oleh individu atau sekelompok masyarakat  sangat perlu karena peningkatan sumber daya manusia dan kualitas aktivitasnya di dunia global tidak bisa lepas  dari peranan multibahasa. Semoga masyarakat dunia lebih menyadari arti penting multilingual dalam berbahasa International. Terutama dalam menganal enam bahasa yang digunakan dalam organisasi PBB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar