Sabtu, 24 Oktober 2015

‘Bayam’ Smooth Fried—Jajanan Sehat Ala Anak Kos-Kosan


Bayam atau yang bernama latin Amaranthus spp ini merupakan tanaman yang bisa tumbuh baik di wilayah Indonesia. Tahukah sahabat, bahwa tidak hanya daunnya saja yang dapat di konsumsi bahwa batangnya pun sangat enak. Bayam ini merupakan sumber zat besi yang sangat penting bagi tubuh, lho!
Berdasarkan penelusuran penulis di http://ayokesehatan.blogspot.co.id bahwa bayam memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh kita, seperti:

Melawan sel kanker, oh sahabat ternyata bayam mengandung vitamin A dan C, serat, asam folat, serta 13 flavonoid yang bermanfaat untuk memerangi sel kanker. Karena didalam bayam terkandung vitamin A, jadi bayam juga sangat baik dalam menutrisi organ penglihatan mata.
Sumber anti-inflamasi, bayam juga mengandung banyak neoxanthin dan violaxanthin (dua anti-inflamasi epoxyxanthophylis) yang berperan penting dalam regulasi peradangan. So, mengkonsumsi bayam adalah pilihan tepat untuk penderita penyakit inflamasi seperti rheumatoid arthiritis dan osteoarthritis.
Selain itu, bayam juga bermanfaat untuk membuat jantung lebih sehat, menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah diabetes, menjaga kesehatan otak dan meningkatkan memori daya ingat, menutrisi tulang dan sendi, menyehatkian organ pencernaan, mengurangi resiko terserang kardiovaskutar, mencegah anemia, menyehatkan kulit, baik untuk masa pertumbuhan anak, meningkatkan kekebalan tubuh, dan mengobati pendarahan gusi.
Double woow! Banyak banget ya manfaat bayam bagi tubuh kita. Lalu bagaimana jika sahabat tidak menyukai sayur-sayuran, atau sayur hijau yang termasuk didalam nya adalah bayam? Hampir 90% sahabat yang tidak menyukai bayam karena bau. Iya kan? Meski sudah mencoba berbagai cara seperti dijadikan juice atau minuman yang dicampur pemanis sekalipun. Namun menu baru bernama “Bayam smooth Fried” ala anak kos-kosan kreasi saya sendiri ini patut sahabat coba.

Bahan Membuat Bayam Smooth Fried

Bayam yang sudah di iris halus/tipis

Bahan Membuat Bayam Smooth Fried


Alat dan bahan:
1.      Kompor
2.      Wajan
3.      Piring, sendok dan mangkok
4.      Pisau dan talenan
5.      Margarin
6.      1 butir telur
7.      1 siung bawang merah dan 1 siung bawang putih
8.      100 gr bayam (cuci bersih)
9.      Masako
10.   Tepung bumbu/terigu
Cara membuat:
1.      Setelah bayam dicuci bersih, iris dalam bentuk paling kecil, tiriskan ke dalam mangkok
2.      Iris bawang putih dan bawang merah
3.      Capurkan bawang putih dan bawang merah kedalam bayam kemudian siram dengan air panas (agar daun bayam layu dan bau nya menguap)
4.      Campurkan masako ke dalam mangkok bayam, dan campurkan telur
5.      Campurkan tepung bumbu/terigu ke dalam mangkok bayam, aduh hingga rata
6.      Panaskah margarin ke dalam wajan (diatas kompor)
7.      Goreng sesuai selera (garing atau smooth)
8.      Setelah matang tiriskan
9.      Bayam smooth Fried siap dihidangkan, nikmati bersama saos cabe
Bayam Smooth Fried with Sauce

Bayam Smooth Fried


Tara..... Bayam smooth Fried nya sudah jadi. Tidak ada bau lagi, enak di mulut. Nikmati selagi panas ya sahabat. Mudah kan cara membuatnya, daripada jajan di pinggir jalan yang tidak terjamin higienis atau nggak nya. Mending masak sendiri di rumah. Selain hemat, juga menyehatkan sahabat.

Selamat mencoba...... J J J

By: Nikodemus Niko

Tidak ada komentar:

Posting Komentar