Rabu, 18 Desember 2013

Jalan Lintas Negara Butuh Keseriusan Pemda, Pemprov Dan Pemerintah Pusat



Oleh: Nikodemus Niko
Mahasiswa Sosiologi FISIP Untan.

Saat pulang ke kampung halaman ku tercinta di Batang Tarang. Perjalanan dari kota Pontianak sampai simpang ampar perjalanan lumayan lancar, jalan masih bagus. Begitu meluncur dari simpang ampar menuju Batang Tarang ke arah Sosok, sebagian besar jalan rusak parah. Hal ini menunjukkan Buruknya infrastruktur jalan Lintas Negara di Kabupaten Sanggau yang menghubungkan antara negara Malaysia-Indonesia.


Hal ini jelas menyusahkan rakyat. Jika kerusakan jalan terus dibiarkan oleh pemerintah, bukan tidak mungkin, jalan negara yang menjadi satu-satunya akses perekonomian di wilayah timur Kalimantan Barat ini bisa sangat berdampak signifikan terhadap pembangunan di daerah. Lalu yang menjadi pertanyaannya, kemana uang APBD yang sudah di anggarkan untuk perbaikan infrastruktur?

Ironisnya lagi kerusakan jalan tersebut sudah berlangsung bertahun-tahun lama nya, dan semakin parah. Sampai saat ini belum ada langkah-langkah untuk perbaikan secara signifikan. Kalaupun ada hanya denimbunan dengan tanah bercampur batu, yang bila terkena hujan berubah jadi kubangan licin.
Sebagai masyarakat biasa yang tidak memiliki kewenangan apa-apa, saya hanya bisa prihatin. Entah sampai kapan masyarakat Sanggau dan Kalimantan Barat umumnya yang melintasi jalan Lintas Negara ini akan terus disuguhi pemandangan jalan rusak dan bahkan kecelakaan yang berulang-ulang.
Dari pemerintah daerah Kabupaten Sanggau dan Pemprov Provinsi berdalih bahwa jalan nasional menjadi tanggung jawab pemerintah pusat. Pemprov sejauh ini merasa tanggungjawabnya hanya sampai pembebasan lahan untuk perluasan jalan dan kewajiban itu sudah dilaksanakan. Namun, kami berharap keseriusan bapak dan ibu pemangku kebijakan agar masalah ini tidak di abaikan. Baik Pemda maupun Pemprov jangan hanya diam saja. Sungguh malu karena infrastruktur jalan yang dilewati orang dari negara luar dalam kondisi sangat rusak parah. Bila perlu, suruh pak Presiden meninjau langsung ke lokasi, biar malu nya sama-sama.
Karena itu kami warga masyarakat Sanggau berharap, wakil rakyat yang dari Kalimantan Barat di Senayan sana terus berupaya memperjuangkan secara sungguh-sungguh untuk mendesak pemerintah pusat yang sudah berkomitmen membantu perbaikan jalan Lintas Negara di Sanggau. Jangan hanya menyuguhkan janji semata kepada rakyat, namun rakyat butuh bukti nyata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar